Friday, February 5, 2016

Modifikasi Mesin Mobil Untuk Menaikkan Performanya

Modifikasi mesin mobil merupakan salah satu jenis modifikasi mobil yang bertujuan untuk meningkatkan performa mobil.Mesin merupakan bagian terpenting dalam sebuah mobil yang mempengaruhi kualitas performanya sehingga memerlukan tindakan dan perlakuan yang tepat, termasuk ketika anda hendak memodifikasinya.Perubahan mesin juga tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, terlebih setiap mesin mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Modifikasi Mesin Mobil
Mesin mobil memiliki beberapa kategori, dari mesin harian hingga mesin dengan cc tinggi yang pada umumnya digunakan untuk mobil balap. Ketika anda memilih memodifikasi mobil anda dengan mengganti mesin mobil, maka anda harus memilih kategori mesin yang akan anda gunakan. Kategori modifikasi mesin ini dibagi menjadi 4, yang pertama modifikasi mesin standar.Modifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan keandalan mesin hingga 25%. kategori modifikasi mesin ini cocok untuk kebutuhan harian, dan pada umumnya tindakan yang dilakukan berupa penggantian busi, kabel busi, koil, aplikasi porting dan polish, pemasangan sistem penyaring udara, penggantian sistem exhaust, muffler dan piggybag.
Modifikasi Mesin Mobil terbaru 2016

Kategori selanjutnya lebih berat dan kurang cocok untuk kebutuhan harian.Pada umumnya kategori ini dipilih oleh pada pembalap pemula.Modifikasi mesin mobil kategori ini mampu menghasilkan peningkatan performa mesin hingga 40% dengan mengganti jeroan mesin yang antara lain pulley, gearbox, mengganti piringan clutch, camshaft dan lain sebagainya.Dan satu tahap yang lebih ekstrim adalah kategori ketiga, dimana modifikasi mesin ini mampu menghasilkan peningkatan performa mesin hingga 70% hingga 100%.Modifikasi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, dan pada umumnya diperuntukkan untuk para pembalap profesional. Kategori modifikasi mesin ini dilakukan dengan mengganti blok mesin secara utuh atau yang dikenal dengan swap engine dengan tipe mesin terbaik di kelasnya.

Kategori modifikasi mesin mobil yang terakhir adalah kategori keempat yang dapat menghasilkan 100% peningkatan mesin.Modifikasi ini dilakukan dengan memasang supercharger atau turbocharger. Kedua piranti ini memiliki mekanisme kerja yang mirip yakni menambah tenaga piston dengan memberikan dorongan udara ke setiap silinder yang membuat proses pembakaran semakin cepat dan sempurna. Dengan sistem kerja tersebut, kedua piranti ini mampu mendongkrak tenaga mesin pada tingkatan yang maksimal. Namun pemakaian piranti ini akan lebih sempurna apabila dilengkapi dengan intercooler untuk proses penyegaran.

Tips Dalam Melakukan Modifikasi Mesin
Untuk menghasilkan performa mesin maksimal, sebelum anda melakukan modifikasi sebaiknya pastikan kondisi mesin terlebih dahulu, dan lakukan general tune up untuk memastikan mesin mobil dalam kondisi yang baik. dan mengingat penggantian mesin ini sangat berpengaruh pada proses pembakaran, maka konsumsi bahan bakar juga harus disesuaikan. Demikian ulasan terkait modifikasi mesin mobil, semoga bermanfaat.. (Baca juga modifikasi mobil lainnya: YUK BACA! TIPS MEMILIH MODIFIKASI VELG MOBIL TERBARU
Related Post

No comments:

Post a Comment